Ini Dia! 8 Manfaat Menjadi Anggota PMR Beserta Tugasnya

Anggota PMR Madya, Sumber foto : https://www.smpn12jogja.sch.id/2020/07/07/pmr/

Manfaat menjadi anggota PMR (PALANG MERAH REMAJA) - Ketika anak telah masuk kedalam lingkungan sekolah, maka tentu akan mengikuti beberapa ekstrakurikuler yang ada, salah satunya yaitu PMR (Palang Merah Remaja). Anak tidak hanya mendapat pelajaran dari teori yang diajarkan di kelas, namun juga akan mendapatkan berbagai pengalaman, hingga manfaat jika mengikuti ekskul ini. 

Palang Merah Remaja adalah salah satu ekskul yang kerap melakukan banyak kegiatan positif. Bagi sebagian siswa, masuk ke dalam organisasi ini bisa menjadikan medium untuk melatih kedisiplinan, serta meningkatkan kepercayaan diri. Dalam artikel ini kami akan membahas secara detail manfaat menjadi anggota PMR beserta tugasnya, hingga rekomendasi toko online penyedia atribut PMR berkualitas. Yuk baca ulasan berikut!

Apasih PMR Itu?

PMR adalah singkatan dari Palang Merah Remaja yang merupakan organisasi kepemudaan yang berfokus pada kegiatan kemanusiaan serta sosial. Palang Merah Remaja adalah bagian dari PMI ( Palang Merah Indonesia) yang bertujuan melibatkan generasi muda dalam berbagai aktivitas atau rescue. Seperti pertolongan pertama, bantuan bencana, dan masih banyak lagi. Organisasi ini memiliki visi sebagai pelopor hidup sehat yang mampu mengamalkan 7 prinsip PMR.

Manfaat Menjadi Anggota PMR

Manfaat menjadi anggota PMR, ekskul ini memberikan dampak positif bagi remaja yang tergabung di dalamnya, melalui kegiatan yang tersedia anak tidak hanya fokus terkait kesehatan serta pengobatan saja, tetapi juga bisa melatih emosi anak untuk bisa membantu sesama. 

Selain itu ekstrakurikuler ini juga cocok bagi anak yang memiliki cita cita ingin menjadi dokter, perawat, atau profesi lain yang berhubungan dengan kesehatan. Penasaran apa saja manfaat menjadi anggota PMR? Yuk simak penjelasan berikut:

1. Meningkatkan Tingkat Kepercayaan Diri Anak

Manfaat menjadi anggota PMR pertama adalah membantu meningkatkan rasa percaya diri anak agar mudah bergaul dengan lingkungan sekitar. Rasa percaya diri menjadi salah satu kunci anak dapat mempercayai kemampuannya untuk membantu orang lain. 

Dengan rasa percaya diri pula anak akan mudah dalam membantu orang lain. Ekstrakulikuler ini tidak hanya mengajarkan teori, namun juga mengajarkan anggotanya untuk menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari. 

2. Mendapat Pelajaran Baru

Materi pada ekstrakurikuler PMR biasanya mencankup pertolongan pertama pada sebuah kecelakaan, merawat teman ketika pingsan, hingga melatih penanganan terjadi cidera seperti patah pulang. Dengan mendapat materi baru tersebut anak akan memiliki wawasan luas tentang rescue lebih dalam. 

3. Melatih Sikap Empati

Manfaat menjadi anggota PMR selanjutnya yakni dapat membantu melatih rasa empati dalam diri anak, sikap empati yang tumbuh sejak kecil akan berdampak positif di masa depan. Dengan mengikuti kegiatan Palang Merah Remaja anak akan mampu mengasah empati kepada orang lain di sekitarnya.

4. Menambah Teman Baru

Manfaat menjadi anggota PMR, ya dengan bergabung dengan ekstrakurikuler ini anak bisa menambah teman baru. Teman yang mengikuti eksul ini biasanya dari berbagai kelas atau tingkatan, dengan mengikuti ekstrakurikuler PMR, dijamin teman akan bertambah.

5. Dapat Mengikuti Lomba

Dengan mengikuti eksul PMR, anak bisa mengikuti berbagai macam ajang perlombaan loh! Jika bergabung dengan Palang Merah Remaja anak akan sering mengikuti lomba dalam berbagai tingkatan mulai dari nasional bahkan internasional. 

6. Melatih Keterampilan Untuk Hidup Sehat

Dengan mengikuti PMR, anak akan mempelajari banyak hal tentang gaya hidup sehat. Pada Ekstrakulikuler ini anak akan diajari tentang dasar ilmu kesehatan, misalnya saat bertemu dengan orang yang terluka dan membutuhkan pertolongan.

7. Mengisi Waktu Luang

Manfaat menjadi anggota PMR yakni, ekskul ini diadakan diluar jam sekolah sehingga tidak akan mengganggu proses pembelajaran. Biasanya setelah pulang sekolah anak akan memiliki waktu luang yang cukup banyak sehingga perlu diisi dengan kegiatan positif. 

Salah satu contohnya dengan mengikuti ekskul Palang Merah Remaja. Ada banyak manfaat yang bisa anak dapatkan seperti pengalaman berorganisasi, serta mendapatkan pengetahuan baru.

8. Menjadi Kader PMI

Manfaat menjadi anggota PMR terakhir yakni, organisasi ini bernaung di bawah Palang Merah Indonesia atau (PMI), sehingga jika anak mendaftar ekskul PMR secara otomatis juga, bisa menjadi bagian dari PMI.

Tugas Tugas Palang Merah Remaja (PMR)

Setelah mengetahui manfaat menjadi anggota PMR, maka selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja tugas yang biasa dilakukan oleh organisasi pemuda ini. Nah, berikut ini adalah tugas-tugas yang biasa dilakukan anggota PMR:

Memberi Pertolongan Pertama

Para kader PMR memiliki tugas untuk memberi pertolongan pertama untuk kesehatan ketika ada murid sekolah atau teman yang mengalami sakit atau kecelakaan ringan di lingkungan sekolah.

Bersiaga Terhadap Bencana

Para kader dari ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) bertugas untuk selalu siaga dan tanggap terhadap berbagai kemungkinan bencana yang mungkin saja terjadi di lingkungan sekitar mereka.

Menggalang Dana Kemanusiaan

Kader dari Palang Merah Remaja juga memiliki tugas untuk menggalang dana kemanusiaan dari siswa-siswi lainnya di sekolah mereka ketika terjadi bencana di lingkungan sekitar mereka ataupun ketika ada salah satu murid di sekolah tersebut yang mengalami musibah.

Siaga Menjadi Petugas Kesehatan

Para kader PMR juga akan bertugas untuk selalu siaga dalam menjadi petugas kesehatan, baik dalam kegiatan sekolah sehari-hari maupun ketika ada kegiatan-kegiatan khusus yang dilaksanakan di sekolah.

Menggelar Kegiatan Sosial

Tugas kader Palang Merah Remaja selanjutnya yakni menggelar kegiatan-kegiatan sosial secara rutin di sekolah tersebut, misalnya kegiatan seperti bakti sosial atau donor darah. Tentu hal tersebut dapat melatih anak untuk lebih peduli terhadap orang lain. 

Mengurus UKS

Kader PMR biasanya bertugas untuk menjaga UKS, hal ini dilakukan untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan kesehatan siswa. Kader PMR juga memiliki tugas untuk mengurus dan memastikan UKS bisa berfungsi secara baik.

Memberi Bantuan Kemanusiaan

Tidak hanya bertugas di lingkungan sekolah, para kader Palang Merah Remaja (PMR) juga bertugas untuk memberi bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di lingkungan sekitar yang mengalami bencana ataupun musibah.

Melakukan Aksi Sosial

Selain memberi bantuan, para kader PMR juga mempunyai tugas untuk melakukan aksi sosial kepada masyarakat dan lingkungan sekitar secara berkala, misalnya aksi-aksi sosial seperti mengunjungi panti asuhan ataupun membantu puskesmas di desa tersebut.

Menjaga Kesehatan Lingkungan

Tugas terakhir yakni anggota PMR juga menjadi pilar utama untuk menjaga kesehatan di lingkungan sekolah dan juga teman teman di sekolah tersebut.

Toko Faiz Penyedia Atribut PMR Berkualitas

Jika Anda membutuhkan atribut PMR berkualitas Toko Faiz bisa menjadi solusi terbaiknya, pasalnya toko online ini menyediakan perlengkapan Palang Merah Remaja terlengkap dengan harga terjangkau. Selain itu perlengkapan seperti topi, slayer, kaos, badget, hingga rompi PMR tersedia dengan stok melimpah di toko online ini.

Kelebihan lain yang dimiliki toko online ini adalah memproduksi sendiri setiap produknya, jadi Anda tidak perlu takut kehabisan stok. Selain itu, toko ini juga memiliki metode pembayaran yang bisa memudahkan Anda seperti COD, Anda bisa mengunjunginya melalui website resmi tokofaiz.com di "Google".

Penutup

Nah, demikianlah pembahasan mengenai manfaat menjadi anggota PMR beserta tugasnya. Jika Anda membutuhkan perlengkapan PMR dengan kualitas terbaik Tokofaiz.com bisa menjadi langkah cerdasnya.

 

Penulis : Yanti Puspita
Berbelanja online Perlengkapan Peralatan Atribut PMR (Palang Merah Remaja) Kunjungi Website kami dengan alamat www.tokofaiz.com klik halaman wesbite disini www.tokofaiz.com