Tokofaiz.com Terima Pesanan PIN Kecakapan PMR dan Buku Saku PMR

PMR merupakan suatu wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja palang merah Indonesia atau yang umum di sebut PMI. Hampir semua wilayah dan kota di seluruh Indonesia memiliki PMR dengan jumlah anggota yang kini sudah lebih dari 5 juta orang. 

Nah, biasanya anggota PMR memiliki pin kecakapan dan menjadi salah satu tanda penting setelah mereka mengikuti tahapan ujian kecakapan yang telah di tentukan. Berikut kami sajikan informasi lengkap mengenai apa itu pin kecakapan pmr, buku saku pmr, tujuan, manfaat hingga bagaimana cara mendapatkannya.



Mengenal Apa Itu PIN Kecakapan PMR

PIN kecakapan PMR ialah sebuah tanda yang di berikan kepada anggota PMR yang telah lolos tahap ujian kecakapan PMR. Para anggota PMR ini harus lebih dulu melaksanakan tiga tahap ujian yaitu uji tertulis, praktek individu, dan praktek berkelompok. 

Bagi para anggota yang sudah menguasai materi pelatihan dan menerapkan tribakti, maka artinya mereka sudah memenuhi kecakapan PMR. Umumnya pin kecakapan ini memiliki desain yang berbeda antara satu kategori dengan kategori lain. Uji kecakapan PMR yang sudah di tentukan desain PIN kecakapannya adalah:  

Gerakan

Kepemimpinan

Pertolongan Pertama

Kebersihan dan Kesehatan

Kesehatan Remaja

Kesiapsiagaan Bencana

Donor Darah

Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat

Berkarya dan Berbakti di Masyarakat

Mempererat Persahabatan Nasional dan Internasional

Karena setiap pin memiliki desain yang berbeda, maka yang menjadi pembeda-nya adalah tingkatan PMR mula, Madya, dan Wira. Dimana latar belakang pin Mula berwarna hijau, Madya berwarna biru, dan Wira dengan warna kuning.

Tujuan Dilaksanakannya Uji Kecakapan PMR

Uji kecakapan PMR di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi tingkat pengetahuan dan keterampilan materi pelatihan yang di peroleh dari unit-unit PMR sekolah. Selain itu uji kecakapan ini juga bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan secara formal atas kemampuan yang di miliki oleh anggota dan unit PMR sekolah.

Manfaat di Berikannya Pin Tanda Kecakapan PMR

Pin tanda kecakapan di berikan karena memiliki beberapa manfaat bagi para anggota PMR itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

Memberikan informasi kepada anggota PMR mengenai pengetahuan dan keterampilan yang di miliki

Memberikan informasi mengenai kegiatan di tingkat cabang, jika anggota PMR memiliki minimal 1 tanda kecakapan materi

Menjadikan anggota PMR bisa mengikuti kegiatan di tingkat daerah jika memiliki minimal 2 tanda kecakapan materi

Menjadikan anggota PMR bisa mengikuti kegiatan di tingkat nasional jika memiliki minimal 3 tanda kecakapan materi dan 1 kecakapan tribakti

Menjadikan anggota PMR bisa mengikuti kegiatan di tingkat internasional jika memiliki minimal 4 tanda kecakapan materi dan 1 kecakapan tribakti

Cara Mengikuti Uji Kecakapan PMR

Untuk mendapatkan pin kecakapan, tentunya anggota PMR haruslah terlebih dahulu mengikuti uji kecakapan. Berikut ini adalah tata cara mengikuti uji kecakapan yang harus di tempuh para anggota:

Dilantik sebagai anggota PMR 

Mendapat rekomendasi dari panitia unit PMR

Anggota telah menyelesaikan satu materi pelatihan sesuai kurikulum yang telah di telah tentukan

Untuk bagian ujian kecakapan tribakti, anggota PMR sudah melaksanakan kegiatan tribakti secara berkelompok sesuai dengan program kerja unit PMR

Mendaftar ke unit PMR masing-masing agar nanti bisa di teruskan ke PMI cabang

Sudah mengikuti ujian kecakapan materi dimana waktu dan tempat ujiannya sudah di tentukan dan di umumkan PMI cabang maksimal 2 minggu sebelum ujian berlangsung

Jika anggota PMR dinyatakan tidak memenuhi persyaratan kelulusan oleh panitia, maka mereka dapat mengikuti ujian di tahap berikutnya

Mengikuti ujian kecakapan tribakti yang di selenggarakan oleh PMI cabang 

Menyerahkan laporan kegiatan tribakti kepada pembina PMR untuk di teruskan kepada PMI cabang

Menerima hasil penilaian maksimal 2 minggu setelah ujian berlangsung

Pengakuan dan Penghargaan Uji Kecakapan PMR

Umumnya anggota PMR terbagi ke dalam tiga jenjang yang berbeda yaitu: 

PMR Mula

Anggota PMR ini adalah mereka yang setingkat siswa usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (Mt) dan sudah berusia 7 hingga 12 tahun.

PMR Madya

Anggota PMR ini adalah mereka yang setingkat usia siswa SLTP/ Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan sudah berusia 13 hingga 16 tahun.

PMR Wira

Anggota PMR ini adalah mereka yang setingkat usia siswa SLTA, SMK/ Madrasah Aliyah (MA) dan sudah berusia 17 hingga 21 tahun.

Para pengurus, staf, pembina PMR, pelatih dan fasilitator memiliki peranan yang sangat penting dalam penyampaian penghargaan dan pengakuan atas peran anggota dalam kegiatan PMR. 

Semua ini tentunya akan memberikan dampak besar dan efektif bagi anggota yang menjadi bagian dari markas PMI dan telah berinteraksi dengan PMR. Di bawah ini adalah tujuan dari pengakuan dan penghargaan uji kecakapan PMR:

Memberikan motivasi agar PMR tetap bersama dengan PMI

Memberikan rasa bangga karena bisa mengambil peran untuk kemanusiaan

Meningkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan kualitas kegiatan palang merah

Meyakinkan anggota bahwa mereka akan mendapatkan informasi yang di inginkan

Mengizinkan para anggota mengembangkan kualitasnya

Pemberian penghargaan atas lolosnya uji kecakapan PMR ini juga bertujuan untuk mengikut sertakan anggota PMR dalam rangka pertukaran remaja dan konferensi internasional. Dimana pin kecakapan yang di berikan akan membantu mereka mengambil bagian dalam kegiatan dengan tanggung jawab yang lebih besar.

Mengenal Apa itu Buku Saku PMR 

Buku saku PMR merupakan buku berukuran kecil yang memuat materi lengkap, pedoman serta kecakapan yang berkaitan dengan kegiatan PMR. Biasanya buku saku ini di peruntukkan bagi para anggota untuk melengkapi Pedoman Manajemen PMR. 

Selain itu adanya buku ini juga menjadi alat bantu pembelajaran, latihan, evaluasi serta pengakuan bagi anggota yang telah berhasil mencapai standar kompetensi PMI.

Kegunaan Buku Saku PMR

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari buku saku PMR yang di miliki oleh anggota PMR Indonesia: 

Sumber Informasi Anggota PMR

Menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi anggota PMR tentang gerakan palang merah, kepemimpinan, ragam pertolongan pertama, donor darah, remaja sehat, siaga bencana, dan beberapa hal penting lain.

Alat Bantu Pembelajaran

Menjadi alat bantu pembelajaran dan latihan untuk seluruh anggota PMR dalam mengembangkan keterampilan, sikap dan karakternya agar sesuai dengan nilai-nilai palang merah

Media Evaluasi dan Promosi

Buku saku PMR juga menjadi media evaluasi dan pengakuan bagi anggota PMR yang sudah mencapai standar kompetensi PMI. Selain itu buku ini juga menjadi media promosi bagi anggota PMR untuk menunjukkan kontribusi dan peran mereka dalam masyarakat.

Jual Pin Kecakapan PMR

Untuk bisa mendapatkan pin kecakapan PMR serta buku saku PMR, pembina bisa memesannya melalui online di tokofaiz.com. Toko kami menerima pesanan pin kecakapan pmr dan buku saku pmr terbaik untuk seluruh anggota PMR Indonesia. 

Tokofaiz.com juga menyediakan pin kecakapan mulai dari anggota mula, madya hingga wira yang bisa di pesan dengan desain sesuai materi yang di inginkan. Selain itu, tokofaiz.com juga menyediakan perlengkapan atribut PMR terlengkap dengan harga termurah yang pastinya bisa melengkapi semua kebutuhan anggota PMR di seluruh Indonesia.

Baca juga  :

Macam-Macam Atribut PMR dan Sejarah Lengkap Terbentuknya PMR

- Tokofaiz.com Jual Rompi PMR Bisa Custom Nama Sekolah




Berbelanja online Perlengkapan Peralatan Atribut PMR (Palang Merah Remaja) Kunjungi Website kami dengan alamat www.tokofaiz.com klik halaman wesbite disini www.tokofaiz.com